Tips Menulis Review di Kelas Blogger Bengkulu

Tips Menulis Review

Jam sudah menunjukan pukul 13:20 WIB, saya menginjak pedal gas mobil sedalam mungkin. Mau kemana sih buru-buru? Hari ini saya mau menghadiri acara Kelas Blogger ke-3 yang diadakan oleh Blogger Bengkulu di Plaza Telkom Simpang Lima Kota Bengkulu. Selepas memarkirkan mobil, saya bergegas menuju lantai tiga dimana acara berlangsung.

Mbak Milda sedang menjelaskan tentang review
Mbak Milda sedang menjelaskan tentang review

Ternyata sudah ramai teman-teman blogger di sana. Alhamdulillah walaupun sedikit telat tetapi acara baru akan dimulai. Kebetulan materi hari ini adalah Tips menulis review dengan pembicara adalah 2 orang emak Bobe yang keren yaitu mbak Mildaini dan mbak Ria M Fasha.

Berikut ini adalah tips yang saya dapatkan di kelas Blogger hari Ini :

  1. Sampaikan siapa kita dan kenapa kita mau menulis review.

Misalnya saya mendapatkan job mereview tentang jasa travel agen, saya akan menjelaskan bahwa saya adalah seorang traveller sehingga memilih sebuah travel agen yang dapat memenuhi kebutuhan saya adalah sebuah hal yang penting. Jelaskan keunggulan yang dimiliki oleh travel agen tersebut dibandingkan travel agen sejenis sehingga kita mau mereviewnya tapi ingat jangan sebut merk ya, hehehe.

Mbak Ria sedang memberikan tips review

  1. Bahas produknya sesuai dengan keyword yang diminta.

Misalnya kita mendapatkan job untuk mereview produk burger dan yang dimintakan untuk keyword adalah bagaimana cara memesan burger tersebut. Nah jika seperti maka kita harus lebih banyak membahas cara memesannya bukan malah membahas apa saja kandungan dari burger tersebut.

  1. Gunakan bahasa yang ringan, enak dibaca, dan tidak terkesan beriklan.

Bahasa yang digunakan mudah dimengerti, hindari menggunakan istilah asing yang tidak umum. Jika terpaksa menggunakan istilah asing sebisa mungkin ditambahkan penjelasannya dalam bahasa Indonesia, agar pembaca dapat memahami maksud tulisan kita.

  1. Kreatif dan lengkap. Melihat dari berbagai sudut pandang (sudut pandang ekonomis, fungsional, efek jangka panjang, dan lain lain).

Lakukan review dari berbagai sudut pandang, misalnya yang kita review adalah produk kuliner maka kita bisa melakukan ulasan mulai dari rasanya, kemasan, manfaatnya, dan lain sebagainya.

Blogger bengkulu sedang serius melakukan flash blogging (1)
Blogger bengkulu sedang serius melakukan flash blogging

Ok, sekarang sudah dapatkan tipsnya mereview, semoga bisa menginspirasi 🙂

Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tantangan flash blogging di kelas blogger bengkulu

 

(Visited 19 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *