tips ajak anak nonton konser musik

Google Adsense Here

Tips mengajak anak ke konser musik

Pernah gak sih kamu merasa dulu kalau mau nonton konser musik selama ada uangnya ya bebas aja? Begitu sudah menikah dan punya anak, walaupun ada uang dan kesempatan buat nonton konser tapi bingung anak mau dikemanain? Mau dititipin ke orang tua, tinggal gak dekat dengan orang tua. Mau dititipin ke tempat penitipan anak, kok rasanya gak tega.

Google Adsense Here

Pernah merasakan seperti itu?

Tenang, kamu gak sendirian kok. Saya juga merasakan hal yang sama tapi itu dulu. Terus bagaimana solusinya? Kenapa anaknya gak diajak buat ikutan nonton konser musiknya aja sekalian? Ih, emang bisa? Bisa, asal dengan syarat tertentu ya 🙂

Nah, kali ini saya mau share bagaimana cara saya mengajak anak ke konser musik.

Kenalkan musik sejak dini

Kapan waktu yang tepat untuk mengenalkan musik kepada anak? Sedini mungkin, bahkan kalo perlu sejak masih di dalam kandungan ibunya. Mengenalkan musik kepada anak memiliki banyak manfaat, selain dapat mencerdaskan otak, meningkatkan kreativitas,melatih kemampuan berbahasa, dan lainnya. Bagaimana cara saya mengenalkan musik ke anak saya? Sejak bayi setiap kali mau tidur, saya selalu menggendong mereka dan menyanyikan beberapa lagu. Bingung mau nyanyi lagu apa? Masa sih kita gak hapal lagu anak-anak semacam, Potong Bebek Angsa, Bintang Kecil, Naik-naik ke puncak gunung, dll. Dengan cara seperti itu, belum genap umur 2 tahun Ryuu sudah bisa menyanyikan beberapa lagu yang biasa saya nyanyikan tersebut. Cara yang sama biasa digunakan juga untuk hapalan surat al-qur’an.

 Kenalkan lagu dari musisi favorit kita

Pastinya kita masing-masing punya musisi favorit yang kita pengen banget buat nonton konsernya, iya kan? Nah coba kenalkan lagu-lagu favorit kita ke anak tapi perhatikan juga bahasa dan genre musiknya. Saya terbiasa mengenalkan Ryuu dengan jenis music RnB, Jazz, Pop dan beberapa genre lainnya sampai-sampai dia sendiri mempunyai lagu favorit hahaha… Dia suka dengan Bruno Mars (gara-gara lagu 24k Magic di film Transylvania 3), Pharrel (Happy di film Despicable me), Paradise-nya Coldplay, What you wanna do dari Mocca, sampai yang paling baru lagu “Masih gak jodoh” dari Blackpink. Nah gak tahu kan lagu masih gak jodoh itu yang mana? Bisa cek di highlight IG Storynya saya di sini dengan Judul AyahReceh.

Pastikan anak nyaman

Memastikan kenyamanan anak saat menonton konser musik adalah hal yang sangat penting. Cari tempat duduk yang tidak terlalu dekat dengan sound system dan juga perhatikan jalur keluar. Begitu terlihat anak tidak nyaman or rewel lebih baik segera keluar dari arena konser. Jangan lupa membawa makanan kecil dan minuman untuk anak.

Bagaimana cara memastikan anak nyaman saat menonton konser? Lihat saja gerak-geriknya, apakah anak ikut bernyanyi / humming, atau mungkin dia joget mengikuti irama musik. Sesekali tanyakan kondisinya, apakah kamu senang? Apakah kamu suka?

Pilih konser yang tepat

Untuk pertama kali sebaiknya sih kita memilih konser dari musisi jazz atau pop. Kenapa? Memangnya gak boleh ajak anak ke konser Rock atau Metal? Ya gak masalah juga sih tetapi dentuman sound untuk musik Metal dan Jazz tentunya berbeda. Distorsi yang dihasilkan bisa saja mempengaruhi pendengaran anak, makanya saya hanya mengajak anak menonton konser musik Jazz atau Pop dan tidak terlalu dekat dengan panggung.

Kira-kira itu sedikit tips dari saya bagaimana cara mengajak anak menonton konser musik, kalau ada yang menambahkan tipsnya atau pengalamannya silakan ditulis di kolom komentar ya.

See ya…

(Visited 103 times, 1 visits today)

Google Adsense Here