Supermoon Rising

Supermoon 14 November 2016 terbesar sejak tahun 1948

Supermoon Rising
Supermoon Rising (source: Huffington Post)

Fenomena Supermoon bisa kita lihat pada malam hari ini tanggal 14 November 2016. Apa sih Supermoon itu? Supermoon adalah bulan purnama yang letaknya berada di titik terdekat (titik perigee) dengan bumi sehingga terlihat lebih besar dari bulan purnama biasanya. Untuk melihat bulan yang sama seperti malam ini kita harus menunggu lagi hingga 25 November 2034. Wow lama ya!!

Sebetulnya Supermoon bukanlah peristiwa yang langka karena hal ini dapat terjadi satu kali setiap 13 bulan tapi Supermoon kali ini memang cukup spesial, kenapa? Peristiwa Supermoon yang akan terjadi nanti malam adalah Supermoon paling besar dan terang dalam kurun waktu 70 tahun terakhir, kita mesti harus menunggu 28 tahun lagi untuk melihat Supermoon yang sama seperti malam ini. Menurut peneliti Supermoon malam ini akan terlihat 15 persen lebih besar dan 16 persen lebih terang dibandingkan bulan purnama biasa, eits tapi tunggu dulu walaupun kita dapat melihat supermoon dengan mata telanjang tetapi jika kita tidak memperhatikannya dengan seksama maka kita tidak dapat melihat perbedaan supermoon ini dengan bulan purnama biasa.

supermoon-source-noliesradio-org
Supermoon (source: Noliesradio.org)

TheOskars bakal kasih tipsnya nih buat kamu untuk melihat Supermoon nanti malam :

  • Cari tempat yang gelap karena polusi cahaya seperti lampu kota akan menghalangi kecerahan sinar bulan.
  • Bulan akan terlihat sangat besar jika kamu melihatnya di dekat ufuk atau kaki langit, bisa juga melihatnya di pinggir pantai tetapi hati-hati karena Supermoon akan berpengaruh pada kenaikan pasang dan tinggi ombak.
  • Coba bandingkan bulan dengan objek bangunan yang ada di dekat kamu, maka bulan akan terlihat lebih besar dari pada biasanya.
  • Waktu yang tepat untuk melihatnya sekitar pukul 19:27 sampai dengan 20:52 WIB dan dapat dilihat dari seluruh wilayah Indonesia

Kalo seandainya kamu melewatkan Supermoon malam ini, bulan depan masih akan ada Supermoon tapi tidak sebesar dan seterang yang malam ini. Yup tahun ini memang spesial tidak seperti biasanya Supermoon muncul setiap 13 bulan sekali, di tahun 2016 ini Supermoon muncul sebanyak tiga kali yaitu di Bulan Oktober, November (nanti malam), dan akan muncul juga di tanggal 13 Desember.

So jangan lupa nanti malam untuk mengabadikan fenomena Supermoon trus share deh ke sini atau instagramnya @TheOskarscom :*

(Visited 101 times, 1 visits today)

4 opinions on “Supermoon 14 November 2016 terbesar sejak tahun 1948”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *