Bobe Goes to Pulau Tikus

Merayakan hari kemerdekaan di Pulau Tikus bersama Blogger Bengkulu

TheOskars.com Bengkulu, 17 Agustus 2017. Pagi itu cuaca cukup cerah, bendera merah putih berkibar di setiap sisi jalan yang saya lalui. Setelah menempuh perjalanan selama 15 menit akhirnya saya sampai di pantai Tapak Paderi. Bergegas saya turun dari taksi dan menuju meeting point dimana teman-teman Blogger Bengkulu telah berada disana. Ya, hari ini kami blogger Bengkulu akan merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia di pulau Tikus. Tampak wajah para blogger yang sudah tidak sabar lagi untuk segera menaiki kapal menuju Pulau Tikus, saya yakin mereka telah menunggu-nunggu momen ini sejak beberapa hari yang lalu hahaha.

sebelum berangkat ke pulau tikus
Persiapan blogger bengkulu menuju Pulau Tikus

Sebelum menaiki kapal kami melakukan briefing terlebih dahulu yang dipimpin oleh mbak Milda. Kemudian kami diminta untuk menggunakan life jacket dan bergegas menuju perahu motor yang sudah tertambat di Pantai Tapak Paderi. Perahu motor yang kami tumpangi dapat memuat 20 orang. Perjalanan ke pulau tikus kami tempuh dalam waktu sekitar satu jam, hal ini disebabkan karena ombak yang cukup kuat.

Sesampai di Pulau Tikus terlihat kembali wajah wajah ceria para blogger yang sebelumnya sempat pucat akibat diombang-ambing ombak laut Bengkulu. Kami pun bergegas membawa seluruh perlengkapan kami menuju lokasi yang telah disiapkan di dekat rumah penjaga tower mercu suar. Para blogger wanita membagi-bagikan makanan untuk kami santap sebelum memulai acara yang telah disiapkan oleh panitia.

Jam masih menunjukan pukul 11.30 ketika kami telah siap untuk menjalankan rangkaian acara di Pulau Tikus. Acara dimulai dengan pengenalan sejarah Pulau Tikus oleh pemandu wisata kami, Pak Thomas. Kemudian kami menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan lagu Hari Merdeka. Berhubung judul acaranya merayakan hari kemerdekaan tentunya harus ada lombanya dong, saya pun ikutan lomba makan kerupuk.

 

Baca juga : Serunya ikutan paket wisata Pulau Tikus.

 

Selesai mengikuti lomba saya pun bersiap-siap mengenakan alat snorkling, mengambil photo clown fish adalah hal yang saya nanti-nantikan sejak beberahapa hari sebelum keberangkatan ke Pulau Tikus. Ternyata benar saja tidak perlu berenang terlalu jauh dari tepian sudah banyak sekali ikan clown fish yang bermunculan. Ah rasanya damai banget melihat terumbu karang yang indah dan banyak ikan-ikan kecil berenang-renang di sekitar kita.

Perlu diingat ketika kita sedang berenang di spot-spot snorkling, hindari menginjak atau memegang terumbu karang dan anemon karena dapat merusaknya dan mengakibatkan terganggunya ekosistem ikan-ikan kecil tersebut. Anemon adalah tempat tinggal ikan badut (clown fish) dan tempat bersembunyi dari ancaman predator yang siap memakan mereka.

Clownfish di pulau tikus
Clownfish di pulau tikus
Snorkling di pulau tikus
Snorkling di pulau tikus

Selain ikan badut dan masih banyak jenis ikan lainnya, di Pulau Tikus juga terdapat penangkaran penyu. Penangkaran penyu ini dikelola secara swadaya oleh operator wisata Pulau Tikus. Terdapat puluhan penyu yang masih berumur dua minggu, karena masih terlalu kecil penyu-penyu ini belum dapat dilepas ke lautan sebab dapat menjadi incaran ikan yang lebih besar.

Bayi-bayi penyu dalam penangkaran di Pulau Tikus photo 20170817_144731A_zpsvqtnpzzt.jpg

Tidak terasa waktu semakin sore, selesai membersihkan diri dan melaksanakan sholat kami pun bersiap-siap untuk kembali ke Kota Bengkulu. Satu persatu kami kembali menaiki kapal yang akan membawa kami kembali ke Kota Bengkulu. Sudah terbayang perjalanan selama satu jam mengarungi lautan yang akan mengombang-ambingkan kami hahaha… tapi hal itu tentu saja tidak akan mengurungkan niat kami untuk kembali ke Pulau Tikus. Selamat tinggal Pulau Tikus, selamat tinggal nemo, kita akan bertemu lagi dilain waktu.

See you Pulau Tikus photo 20170817_151807A_zps36sqacww.jpg

 
Berikut video perjalanan kami di Pulau Tikus, jangan lupa untuk subscribe channel saya ya. Thanks 🙂

(Visited 30 times, 1 visits today)

9 opinions on “Merayakan hari kemerdekaan di Pulau Tikus bersama Blogger Bengkulu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *