story telling with kak aio

Manfaat mendongeng bagi perkembangan anak

“Ayah, cerita dong!”pinta Ryuu sambil memeluk guling dan merebahkan diri di bantal kesayangannya. “Oke, Ryuu mau cerita apa?” ujar saya yang langsung dijawab dengan cepat oleh Ryuu, “Dino!”.  “Oke, pada suatu hari hiduplah sepasang Apatosaurus” ucap saya memulai sebuah dongeng yang saya ambil dari cerita film The Good Dino.

Sebentar, sampai disini siapa yang kalo mendongeng atau bercerita memulainya dengan kata “pada suatu hari”? Hayoo ngaku!

Tenang, Anda tidak sendirian (padahal aslinya saya cari temen aja, hahaha). Trus pernah gak pas lagi asik cerita tiba-tiba kita blank gak tau lagi mau diarahin kemana ceritanya? Saya sering, hahaha.. Ternyata yang namanya mendongeng itu mudah-mudah susah, makanya pas kemaren di acara seminar Catatan Ayah ASI ada materi tentang mendongeng untuk anak di rumah, saya langsung semangat banget. Secara Ryuu selalu minta didongengin setiap kali dia mau tidur, sekali dua kali sih lancar tapi lama-lama saya kehabisan ide apalagi yang mau diceritain hahaha.

dongeng sebelum tidur
dongeng sebelum tidur

Oh ya, sudah tau belum kalo ternyata mendongeng itu sangat bagus bagi perkembangan otak anak? Jadi ada cerita tentang seorang anak (diluar negeri, saya lupa tepatnya dimana) yang mengalami down syndrome sejak dia lahir sehingga berdampak pada keterbelakangan pertumbuhan fisik dan mentalnya. Setiap hari orang tuanya membacakan dia cerita secara rutin mulai dari buku yang tipis sampai yang tebal, dari sehari satu buku sampai bisa sehari lima belas buku. Jika orang tuanya tidak bisa hadir untuk menceritakan maka ceritanya akan direkam, kemudian siapa pun yang mendampinginya akan memutar rekaman itu sambil membolak balik halaman buku sesuai dengan rekaman tersebut. Si pendamping berada disampingnya sambil menunjuk apa pun teks yang terbaca menggunakan jari.

Apa yang terjadi setelah kegiatan mendongeng tersebut dilakukan selama bertahun-tahun? Anak tadi masuk sekolah dasar diumur 5 tahun dan mendapat nilai 100 dipelajaran bahasa, diumurnya yang ke-11 dia mempunyai IQ 111. Secara fisik tidak ada perubahan pada dirinya tapi secara intelektual terjadi perkembangan yang pesat pada otaknya. Trus, apa kabarnya dengan anak kita yang sehat yang setiap harinya dibacakan dongeng oleh orang tuanya?

Pop-up book sangat disukai anak-anak
Pop-up book sangat disukai anak-anak

Mendongeng atau bercerita untuk anak tidak hanya bermanfaat bagi perkembangan otaknya tetapi juga membangun bounding yang sangat kuat antara anak dan orang tua. Kak Aio dari Komunitas Ayo Dongeng Indonesia memberikan beberapa tips dalam mendongeng :

  • Mendongeng itu bukanlah bakat melainkan skill, jadi harus dilatih terus menerus.
  • Ketika mendongeng atau bercerita, usahakan melakukan kontak fisik. Misalnya dengan memeluk anak sambil tiduran.
  • Lakukan kontak mata dengan anak ketika sedang bercerita.
  • Mendongeng bisa diambil dari pengalaman sehari-hari, yang terpenting tentukan terlebih dahulu apa pesan yang ingin kita sampaikan ke anak dari cerita tersebut.
  • Lebih mudah mendongeng dengan menggunakan alat bantu, seperti buku atau boneka tangan.
  • Anak-anak umur 5 tahun kebawah biasanya menyukai cerita fabel, seperti Si Kancil, Dinosaur, dan lain-lain
  • Kapan waktu yang tepat untuk mendongeng kepada anak? Jawabannya sedini mungkin, bahkan kalo bisa dimulai sejak anak masih dalam kandungan usia 25 minggu.

Mulai sekarang saya jadi tambah semangat mengoleksi buku-buku cerita anak-anak dan berlatih mendongeng. Thanks Kak Aio yang sudah memberikan banyak tips dalam mendongeng, akhirnya tiap hari saya bisa mendapatkan inspirasi baru untuk mendongeng buat anak-anak saya.

photo bersama Kak Aio
photo bersama Kak Aio

 

(Visited 58 times, 4 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *