We are Ayah ASI Indonesia

Ketika para ayah membuat seminar ASI

Apa jadinya jika ada sekumpulan laki-laki yang melakukan persekutuan untuk membuat seminar tentang ASI? Bakal jadi kayak apa ya acaranya?

“Kriiiing…..”alarm ponsel berbunyi, menunjukkan pukul 05:00 WIB. Bergegas saya menuju ke kamar mandi untuk membersihkan diri. Selesai mandi dan sholat shubuh, saya lalu bersiap meninggalkan hotel menuju ke venue acara. Tidak terasa sudah dua bulan berlalu sejak saya berencana untuk menghadiri acara ini.

“Gengs, kita bakal ngadain seminar Catatan Ayah ASI awal bulan Mei 2017 nih”sebuah pesan muncul pada apllikasi grup whatsapp yang bikin saya kegirangan. “Asiik, akhirnya jadi juga nih bikin seminar” teriak saya dalam hati. Seketika itu juga saya langsung menginformasikannya ke istri saya sekaligus minta ijin karena saya akan meninggalkannya dan anak-anak selama 2 hari untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Kue Ultah ke-6 @ID_AyahASI
Kue Ultah ke-6 @ID_AyahASI

Ternyata kegiatan ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat, tercatat ada 76 orang peserta yang mendaftarkan diri untuk mengikuti seminar Catatan Ayah ASI. Rata-rata pesertanya adalah pasangan suami istri yang sedang menanti kelahiran buah hatinya, ada juga yang datang tanpa pasangannya. Acara yang digagas oleh @ID_AyahASI ini menampilkan 4 orang pembicara yaitu : Kak Aio (Pendiri Ayo Dongeng Indonesia), Mbak Nia Umar, IBCLC (wakil Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia), Mas Wawan Sugianto (Konselor Laktasi yang juga merupakan admin @AyahASI_Jogja), serta dr. Yovita Ananta, SpA, IBCLC (Sekretaris Satgas ASI IDAI 2014-2019).

with mbak Nia Umar @housniati. Nuhun mbak Nia. #seminarayahasi #ayahasi #TheOskars #seminar #jakarta #dukungibumenyusui

A post shared by TheOskars Family (@theoskarscom) on

Acara yang digelar di South Quater Dome Lantai 18 ini dimulai tepat pukul 09:00 WIB dengan menampilkan pembicara pertama yaitu Kak Aio yang membawakan materi tentang bagaimana cara mendongeng kepada anak. Tidak hanya memberikan tips bagaimana cara mendongeng yang baik, Kak Aio juga meminta peserta untuk praktek mendongeng secara langsung.

Kak Aio sedang memberikan instruksi kepada peserta sebelum praktek mendongeng
Kak Aio sedang memberikan instruksi kepada peserta sebelum praktek mendongeng

Pada sesi kedua Mbak Nia Umar membawakan materi tentang basic breastfeeding. Mbak Nia juga menjelaskan tentang pentingnya peranan suami dalam keberhasilan proses menyusui, di sesi ini juga terdapat sharing session dari beberapa admin ayah asi mengenai pengalaman mereka dalam mendukung istri untuk memberikan asi eksklusif terhadap anaknya. Materi yang dibawakan oleh Mbak Nia memang benar-benar keren sehingga peserta sangat antusias untuk memberikan pertanyaan mengenai kendala-kendala yang mereka hadapi selama ini.

Mas Wasugi @AyahASI_jogja
Mas Wasugi sedang menerangkan tentang pemberian makan pada bayi dan anak

Setelah istirahat makan dan sholat dzuhur, acara pun dilanjutkan kembali. Kali ini pematerinya adalah seorang admin @AyahASI_Jogja yang juga merupakan konselor laktasi yaitu Mas Wawan Sugianto yang biasa dipanggil Mas Wasugi. Mas Wasugi menerangkan tentang manajemen ASI Perah serta tentang pemberian makan bayi dan anak plus responsive feeding. Walaupun hari sudah siang tetapi antusias peserta masih sangat besar, hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada Mas Wasugi. Begitu juga ketika dr Yovita membawakan materi tentang memantau berat badan bayi dengan growth chart, para peserta tetap bersemangat. Apalagi ketika masuk materi praktek pijat payudara dan pijat oksitosin, gelak tawa peserta terdengar saat mereka harus mempraktekan memijat manekin yang telah disiapkan oleh panitia.

Acara pun ditutup dengan photo bersama dan dilanjutkan dengan acara pemotongan kue ulang tahun ke-6 Ayah ASI Indonesia. Sumpah ini acara keren banget, bukan karena saya ikut jadi panitia ya hahaha… Jadi gak sabar buat segera menerapkan ilmu yang saya dapatkan dari acara seminar “Catatan Ayah ASI” ini. Thank you buat semua peserta dan panitia, mudah-mudahan bisa diadakan di daerah lain dan saya bisa ikutan lagi hehehe…

Photo bersama peserta dan panitia seminar Catatan Ayah ASI

(Visited 70 times, 1 visits today)

8 opinions on “Ketika para ayah membuat seminar ASI”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *