selamat-hari-ayah-nasional

Ini loh alasan kenapa ada Hari Ayah Nasional

selamat-hari-ayah-nasional

Hari ini hari apa? Yup betul hari ini hari sabtu tanggal 12 November 2016 tapi adakah yang tau kalo sebenarnya hari ini (tanggal 12 November) diperingati sebagai Hari Ayah Nasional?

Pada umumnya masyarakat Indonesia lebih mengenal Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember dibandingkan Hari Ayah Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November, kenapa begitu? Wajar aja karena Hari Ayah ini baru diproklamirkan di Indonesia pada tahun 2006 di Solo saat pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sementara Hari Ibu sudah diresmikan sejak tahun 1953 oleh Presiden Soekarno dan saat ini sudah ditetapkan sebagai perayaan nasional. Kenapa perlu hari Ayah? Dalam membangun sebuah keluarga yang utuh tentu saja peran kedua orang tua dibutuhkan. Ibu yang banyak berurusan dengan kebutuhan rumah tangga, dari mulai memasak, menyiapkan kebutuhan anak-anak dan suami, dan lain-lain. Sementara si Ayah berperan memenuhi nafkah keluarga. Nah mungkin itulah gambaran peran orang tua jaman dulu, di jaman modern saat ini  ada juga loh suami yang mengurus urusan rumah tangga (bekerja di rumah) sementara si istri bekerja mencari nafkah dan menurut gua sih itu sah-sah aja karena setiap keluarga pasti memiliki problem masing-masing dan mereka yang lebih tau cara mengatasinya.

ayah-mendorong-stroller-www-theoskars-com

Ayah yang dulu hanya tau-nya bekerja, pulang bawa uang untuk keluarga sekarang tidak seperti itu lagi, sudah banyak Ayah yang ikut berperan mengurus kebutuhan rumah tangga, ikut membantu istri mengurus anak-anak; mulai dari menggantikan popok, menggendong dan menina-bobokan anak-anak, ikut membersihkan rumah, dan lain lain. Munculnya gerakan Ayah Asi juga membantu mengubah pandangan masyarakat bahwa si Ayah gak cuma harus mencari nafkah, justru Ayah yang keren adalah Ayah yang ikut serta mengurus urusan rumah tangga bersama-sama dengan istrinya, mensupport segala kebutuhan istri dan anaknya. Jadi jangan heran kalo sekarang kamu banyak melihat seorang Ayah sedang menggendong bayi, menggantikan popoknya, bermain bersama mereka, dan lain-lain.

Seorang ayah akan menjadi role model bagi anak-anaknya, bagaimana dia memperlakukan istrinya akan berpengaruh pada kehidupan anak di masa depan.  Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa seorang anak yang ayahnya terlibat langsung dalam pengasuhannya akan memiliki kompetensi kognitif (fungsi otak) yang tinggi dan lebih berhasil dalam akademiknya, serta memiliki rasa kepercayaan diri yang baik. Buat gua pribadi menjadi seorang Ayah adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan karena ketika gua ikut terlibat membantu istri dalam mengasuh anak, banyak sekali pelajaran-pelajaran baru yang gua dapatkan. Mulai dari mengenal pentingnya ASI, bagaimana cara mensupport istri dalam memberikan asi eksklusif, bagaimana mengganti popok anak, bagaimana cara memandikan bayi, melatih kesabaran ketika menghadapi anak yang merengek, dan  yang paling penting adalah gua jadi tau betapa beratnya menjadi seorang ibu, so gak ada salahnya dong kalo gua bantu-bantu sedikit meringankan pekerjaan istri gua. Istri senang, rumah bersih, anak nyaman, nah kalo udah kayak gini kan bisa dapet “bonus” dari bini hahaha :p

ayah-sedang-memandikan-bayi-www-theoskars-comayah-menggendong-bayi-www-theoskars-com

Buat kalian para lelaki di seluruh Indonesia, udah gak perlu jaim deh kalo masalah ngurus anak. Sekarang udah banyak artikel parenting di internet yang bisa kita baca sebagai bahan referensi kita dalam membantu istri mengurus anak, kalo masalah dunia pernenen-an coba aja cek www.ayahasi.org baca-baca deh artikel di sana biar kita keliatan agak pinter di depan bini hahaha….

Buat semua ayah dan calon ayah di seluruh Indonesia, Selamat Hari Ayah Nasional, especially for my Dad, I’m proud to be your son Dad! Love ya :*

(Visited 83 times, 1 visits today)

2 opinions on “Ini loh alasan kenapa ada Hari Ayah Nasional”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *